Beranda Kesehatan Bisa Timbulkan Penyakit, Ini Gejala Karang Yang Kerap Disepelekan

Bisa Timbulkan Penyakit, Ini Gejala Karang Yang Kerap Disepelekan

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

SERANG – Dampak dari kurangnya menjaga kebersihan gigi salah satunya dapat menyebabkan penumpukan plak dan berujung menjadi karang gigi. Masalah kesehatan gigi ini tentunya tak dapat disepelekan atau dibiarkan saja.

Seiring waktu, karang gigi dapag menyebabkan gigi menjadi berlubang dan menimbulkan penyakit gigi lainnya.

Hampir semua orang memiliki plak di gigi akibat mengonsumsi berbagai macam makanan, terutama makanan manis. Plak terbentuk saat bakteri dalam mulut mengonsumsi gula dari makanan dan menghasilkan asam yang menyerang enamel gigi.

Bila tak dibersihkan dengan baik, plak akan menumpuk dan membentuk lapisan keras di gigi. Inilah yang kemudian disebut sebagai karang gigi.

Simak dan ketahui gejala karang gigi agar bisa mewaspadainya.

1. Mulut menjadi bau

Bau mulut atau halitosis terus menerus adalah salah satu gejala awal karang gigi yang bisa terjadi. Hal ini muncul akibat aktivitas bakteri. Bau mulut juga bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Oleh karenanya, segera temui dokter gigi untuk pembersihan gigi yang menyeluruh.

2. Warna gigi berubah

Jika melihat munculnya bintik-bintik kuning atau cokelat pada gigi, bisa jadi itu adalah karang gigi. Plak bisa menyebabkan gigi tampak kuning atau berubah warna. Setelah mengeras, karang gigi akan terlihat seperti lapisan kuning berkerak pada gigi.

3. Peradangan gusi atau gingivitis

Gingivitis adalah plak yang menumpuk dan mengiritasi gusi serta menyebabkan peradangan. Jadi, gusi yang merah, meradang dan berdarah merupakan gejala karang gigi yang umum. Perdarahan juga bisa terjadi saat menyikat gigi atau menggunakan benang gigi.

4. Sensitivitas gigi 

Bila gigi terasa ngilu saat mengonsumsi makanan yang panas atau dingin, hal itu bisa menjadi gejala karang gigi. Terkadang ketika akar gigi sudah lama tertutup oleh karang, akar tersebut bisa membusuk karena bakteri yang ada di dalamnya. Inilah yang membuat kamu mengalami sensitivitas gigi.

Jika sudah mengetahui gejalanya, jangan tunda untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi atau rumah sakit terdekat. (Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News