Beranda Peristiwa Kampung Mati di Lebak Terendam Proyek Bendungan Karian

Kampung Mati di Lebak Terendam Proyek Bendungan Karian

Kampung Sinday, Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten.
Kampung Sinday, Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten.

LEBAK – Proyek Bendungan Karian menjadi penyebab matinya perkampungan akibat ditinggalkan penghuninya. Salah satu kampung mati terlihat di Kampung Sinday, Desa Pajagan, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten.

Kampung ini menjadi kampung mati karena terendam aliran Sungai Ciberang. Perkampungan tampak sepi dan tergenang air. Musala tak lagi digunakan oleh warga.

Hendri, salah seorang warga mengatakan Kampung Sinday sudah kosong dan tidak berpenghuni akibat digusur oleh proyek Waduk Karian. Warga sudah direlokasi ke tempat lain.

“Tenggelamnya kampung tersebut sudah terjadi sejak hari Minggu 15 Oktober 2023, karena Sungai Ciberang dibendung, maka aliran air masuk ke perkampungan Sinday,” kata Hendri, Senin (16/10/2023).

Ia mengungkapkan, saat ini warga yang tinggal di perkampungan Sinday sudah direlokasi dan dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

“Alhamdulillah untuk warga sudah pindah, ke tempat yang aman. Ada yang juga yang membeli rumah di daerah Rangkasbitung,” ucapnya.

Untuk diketahui ada sekitar empat kampung mati yang sudah ditinggalkan warga pada tahun 2022 lalu. Warga meninggalkan kampung tersebut karena tempat tinggalnya masuk dalam proyek strategis nasional (PSN) Bendungan Karian. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News