Beranda Nasional KASAD Resmikan Penggunaan Fasilitas Air Bersih di Lebak

KASAD Resmikan Penggunaan Fasilitas Air Bersih di Lebak

Kepala Staf Presiden Moeldoko didampingi KASAD TNI Dudung Abdurachman saat mengunjungi Kampung Lebak Sangka, Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten. ( sandi/bantennews)

LEBAK – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi Lebak untuk meresmikan penggunaan fasilitas air bersih dan menangani angka stunting di Kampung Lebak Sangka, Desa Lebak Gedong, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (25/7/2023).

Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, kedatangannya ke Kabupaten Lebak ini untuk meresmikan secara langsung program manunggal air, berupa penggunaan fasilitas air bersih dan kegiatan Percepatan Penurunan Stunting dalam wilayah Korem 064/MY.

“Dalam program manunggal air ini, TNI telah membuat sumur bor dan pompa hidran di sekitar 1.345 lokasi dan akan dinikmati oleh 240.049 keluarga,” kata Dudung dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengungkapkan program ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.72 Tahun 2021, bertujuan mewujudkan ketersediaan air bersih yang merupakan faktor utama dalam program percepatan penurunan stunting.

“Dalam mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan produktif, serta pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan melalui percepatan penurunan stunting dan dalam hal ini BKKBN tidak dapat bekerja sendiri. Perlu sinergi dari semua pihak,” ucap Hasto kepada awak media.

Ia menambahkan, dengan program Manunggal Air yang diinisiasi oleh TNI-AD tentunya program ini sangatlah efektif dalam rangka penanganan stunting khususnya dari kawasan hulu.

“Dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi lintas instansi agar angka stunting dapat ditekan,” katanya. (San/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News