Beranda Peristiwa Idul Adha Tanggal Berapa? Ini Versi Muhammadiyah, Pemerintah dan NU

Idul Adha Tanggal Berapa? Ini Versi Muhammadiyah, Pemerintah dan NU

Warga RW 27 Komplek Taman Graha Asri (TGA), Kota Serang, Banten menjadikan momentum idul adha tahun 1442 Hijriah dengan meningkatkan ibadah sunnah melalui pemotongan hewan kurban, hewan kurban yang dihimpun dari warga RW 27 Taman Graha Asri terkumpul 15 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

SERANG – Umat Islam akan merayakan hari Raya Idul Adha. Mungkin masih ada sebagian masyarakat yang bertanya-tanya, Idul Adha 2023 tanggal berapa?.

Diketahui, Hari Raya Idul Adha  ini dikenal juga sebagai Lebaran Haji karena pada hari tersebut umat muslim melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Idul Adha juga disebut Hari Raya Kurban. Ini untuk memperingati momen Nabi Ibrahim mendapat ujian dari Allah untuk menyembelih Nabi Ismail, anaknya.

Lantas, Hari Idul Adha 2023 tanggal berapa? Pertanyaan seperti ini masih banyak ditanyakan oleh umat Muslim. Untuk selengkapnya, berikut ini informasi Hari Idul Adha 2023 versi Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah.

Idul Adha 2023 menurut Pemerintah

Berdasarkan SKB 3 Menteri, Hari Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 (Hari Kamis). Meski demikian, untuk memastikannya biasanya pemerintah melalui Kemenag (Kementerian Agama) dan pihak-pihak terkait akan melakukan sidang isbat terlebih dulu untuk menentukan 1 Dzulhijah 1444 H.

Adapun sidang Isbat ini merupakan sidang yang digelar untuk menentukan atau menetapkan awal bulan di dalam kalender Hijriah, seperti Ramadhan, Hari Idul Fitri, dan Hari Idul Adha.

Hari Idul Adha 2023 menurut NU

Sampai saat ini, NU juga belum menetapkan kapan perayaan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 2023. Biasanya NU juga sama seperti Pemerintah, dalam menetapkan Hari Raya Idul Adha akan menunggu hasil sidang isbat yang dilakukan oleh Kemenag dan pihak-pihak terkait.

Hari Idul Adha 2023 menurut Muhammadiyah

Berbeda dengan Pemerintah dan NU yang menunggu hasil sidang isbat dalam menetapkan Hari Idul Adha, Muhammadiyah sebelumnya sudah mengumumkan Hari Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal 28 Juni 2023 (Hari Rabu). Ini tercantum dalam Maklumat no 1/MLM/I.0/E/2023 oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Idul Adha 2023

Menurut SKB 3 Menteri tentang “Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023”, hari Idul Adha 2023 tercatat sebagai hari libur nasional yang jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023. Namun, tidak ada cuti bersama Idul Adha 2023. Libur Hari Idul Adha 2023 ini hanya satu hari.

Demikian informasi mengenai Hari Idul adha 2023 tanggal berapa lengkap dengan informasi libur nasional dan cuti bersama Idul Adha 2023. Semoga informasi ini bermanfaat!

(Red/suara.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News