Beranda Ramadan Khusus Pemudik Motor, PT Pelindo 2 Siapkan Tiga Dermaga di Pelabuhan Ciwandan

Khusus Pemudik Motor, PT Pelindo 2 Siapkan Tiga Dermaga di Pelabuhan Ciwandan

Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon - foto istimewa

CILEGON – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Banten mulai mempersiapkan menghadapi mudik 2023. Dimana Pelabuhan Ciwandan, Kota Cilegon akan digunakan untuk pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

General Manager PT Pelindo Regional 2 Banten, Agung Fitrianto mengatakan mudik tahun ini diperkirakan lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya usai dicabutnya kebijakan PPKM oleh Pemerintah.

“Dan itu berarti akan terjadi lonjakan pergerakan penumpang dan kendaraan yang sangat signifikan di seluruh wilayah tanah air,” ujarnya, Senin (3/4/2023).

Sebab itu, kata dia, perlu kesiapan, koordinasi, dan kolaborasi dengan stakeholder lainnya sejak awal agar Mudik 2023 dapat terlaksana dengan baik serta menjamin keselamatan dan memberikan pelayanan, keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat.

“Hari ini dilaksanakan rapat kembali bersama stakeholder angkutan lebaran 1444 H/2023 dengan berbagi tugas di antaranya adalah dari pihak Pelindo menyiapkan Dermaga 5A, 03 dan 07. Menyiapkan lapangan buffer motor dan truk logistik serta menempatkan petugas keamanan sebanyak 14 personel. Sementara dari pihak KSKP fokus untuk mengatur keamanan dan kelancaran di dalam Pelabuhan Ciwandan, perhatian untuk rambu-rambu petunjuk arah untuk menuju ke Pelabuhan Ciwandan bagi pemudik, barrier harus disiapkan untuk ke Dermaga 5A, 3 dan 7 untuk pengaturan masuk keluar dari area parkir menuju kapal Ro-Ro,” paparnya.

Sedangkan Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan, lanjutnya, menyiapkan posko kesehatan yang harus disediakan, serta satu unit ambulans dan menempatkan 10 tenaga kesehatan.

Sedangkan KSOP Pelabuhan Kelas 1 Banten bertugas terkait faktor keamanan dan keselamatan pemudik dan petugas yang berjaga, dan kesiapan alat komunikasi HT untuk komunikasi petugas keamanan, juga ada permintaan tenda untuk posko bersama.

Sementara itu PT ASDP Indonesia Ferry mempunyai banyak tugas di antaranya adalah menyediakan toilet portable 22 unit yang ditempatkan di buffer motor dan truk, tenda besar 4 unit untuk posko bersama, tiket dari Ciwandan-Bakauheni dan Ciwandan-Panjang untuk motor dan menyiapkan tanda/signed untuk jalur motor dan truk menuju jalur buffer dari dan ke kapal serta menyiapkan 12 box untuk petugas tiket di jalur motor yang dapat menampung 800 motor.

“Kemenhub juga menyebutkan, kolaborasi dan kerja sama pada semua stakeholder penyelenggaraan angkutan lebaran 2023 merupakan kunci yang tidak dapat dipisahkan dari suksesnya dalam kerja besar ini,” imbuhnya.

(Man/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News