Beranda Politik Berikut Tahapan Persiapan KPU Kota Serang Jelang Pemilu 2024

Berikut Tahapan Persiapan KPU Kota Serang Jelang Pemilu 2024

Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran.

SERANG – Ketua KPU Kota Serang Ade Jahran mengatakan, tahapan pemilu 2024 dimulai dengan launching serentak se Indonesia pada Selasa 14 Juni 2022.

“Jadi nanti tahapannya dimulai 14 Juni dengan launching serentak,” kata Ade Jahran, Rabu (1/6/2022).

Ia menjelaskan, Pemilu 2024 ada dua event politik. Pertama Pemilu 2024 yang akan dihelat pada 14 Februari 2024, dan yang kedua Pilkada yang dijadwalkan pada 27 November 2024.

“Semuanya ada tahapan yang beririsan antara pemilu dengan pilkada,” jelas dia.

Menghadapi dua event politik tersebut, Ade Jahran mengaku pihaknya harus berjuang ekstra mengingat ada dua irisan tahapan Pemilu 2024.

Ade Jahran menyebutkan, beberapa tahapan Pemilu 2024 itu antara lain verifikasi partai politik dimulai pada 1 hingga 7 Agustus.

Kemudian baru nanti akan ada verifikasi partai politik di tingkat provinsi, maupun kabupaten kota. Di akhir Desember akan ada penetapan partai politik mana saja yang lolos verifikasi dan berhak ikut Pemilu 2024.

“Karena kita belum ada rekap PU nya ya. Masih menunggu beberapa hari lagi menyelesaikan rekap PU nya di KPU pusat,” ujarnya.

Kemudian, menurutnya untuk Pilkada Gubernur maupun Pilkada Bupati dan Pilkada Walikota 2024 tahapannya dimulai September 2023.

“Tapi tahapan untuk penyusunan anggaran, program, untuk bagaimana ke depan itu dari kemarin, kita udah siap. Kemarin kita sudah rapat dengan provinsi, dengan TAPD di Pemkot Serang, kita sudah sampaikan ke dewan ataupun DPRD Kota,” ujarnya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News