Beranda Pemerintahan Ratusan Keluarga di Pegadungan Terima Bantuan Pangan Tunai dari Pemerintah Pusat

Ratusan Keluarga di Pegadungan Terima Bantuan Pangan Tunai dari Pemerintah Pusat

Warga menerima bantuan pangan tunai dari pemerintah pusat. (memed/bantennews)

 

PANDEGLANG – Sebanyak 107 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kelurahan Pagadungan, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Banten menerima Bantuan Pangan Tunai dari Pemerintah Pusat sebesar Rp600 ribu. Bantuan tersebut disalurkan langsung oleh PT. Pos Indonesia kepada KPM di Kantor Kelurahan Pagadungan,

Kasi Kesejahteraan Sosial (Kesos) Kelurahan Pagadungan, Umaemah mengatakan, sebelum penyaluran pihaknya sudah memberikan informasi terlebih dahulu pada para KPM untuk datang langsung ke kantor kelurahan dengan membawa persyaratan berupa KTP, Kartu Keluarga, sertifikat vaksin dosis kedua dan barcode khusus dari PT. Pos Indonesia untuk penerima.

“Saat penyaluran kami mewajibkan KPM untuk menggunakan masker dan menjaga protokol kesehatan. Terus KPM yang masuk untuk mengambil bantuan itu juga kami atur sepuluh orang bergantian supaya lebih tertib,” kata Umaemah ditemui di lokasi kegiatan, Kamis (3/3/2022).

Umaemah membeberkan, bantuan sebesar Rp600 ribu untuk periode Januari, Februari Maret disalurkan bulan ini. Ia memastikan bahwa dalam penyaluran program ini tidak ada paksaan kepada masyarakat untuk membeli komoditi dari agen tertentu.

“Kami hanya memastikan  bahwa uang yang diterima itu Rp600 ribu tunai dan masyarakat membelanjakan uang tersebut sesuai dengan yang diarahkan oleh pemerintah. Terserah mereka mau belanja di warung mana saja karena itu hak mereka kami tidak bisa mengarahkan,” tegasnya.

Ia menambahkan, bagi KPM yang berhalangan dan tidak bisa datang langsung ke lokasi bisa memberikan surat kuasa pada ahli warisnya. “Bisa diwakilkan oleh ahli waris mereka tapi harus disertakan surat kuasa. Penyaluran ini juga ada RT dan RW jadi mereka pun ikut memastikan bahwa yang membawa surat kuasa ini memang benar keluarga KPM,” tambahnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News