Beranda Peristiwa Pandemi Covid-19, Pemuda Asal Mandalawangi Gagas Kampung Ekonomi Digital

Pandemi Covid-19, Pemuda Asal Mandalawangi Gagas Kampung Ekonomi Digital

Peresmian Kampung Digital di Pandeglang. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sangat berdampak langsung pada perekonomian masyarakat. Hal tersebut membuat seorang pemuda asal Kecamatan Mandalawangi menggagas Kampung Ekonomi Digital di Kampung Cigobang, Desa Curuglemo, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang.

Penggagas Kampung Ekonomi Digital, Ano Suharna mengatakan, gagasan ini tercipta dari kegalauan masyarakat yang terdampak Pandemi, dimana sebagian besar warga yang biasa bekerja di luar daerah harus dirumahkan lantaran adanya pengurangan karyawan dari perusahaan.

Ditambah lagi, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat ruang gerak menjadi terbatas karena harus menghindari kerumunan.

“Situasi pandemi ini telah berdampak ke berbagai bidang terlebih ekonomi, sehingga menuntut semua pihak untuk terus berinovasi mencari solusi dampak tersebut, maka kami sebagai penyuluh terus bergerak dan berinovasi, dengan menggagas kampung ekonomi digital,” tegas Ano saat membuka peresmian Kampung Ekonomi Digital, Jumat (1/10/2021).

Kata dia, dengan terciptanya kampung ekonomi digital mampu membantu perekonomian masyarakat di masa Pandemi Covid-19 saat ini. Selain itu, pria yang berprofesi sebagai penyuluh agama di Kecamatan Mandalawangi ini berharap gagasannya bisa menginspirasi penyuluh lain untuk terus membantu masyarakat. “Semoga gagasan ini menginspirasi bagi pergerakan seluruh penyuluh agama di Indonesia,” harapnya.

Di tempat yang sama, Camat Mandalawangi, Bunyamin mengaku sangat menyambut baik gagasan ini, terlebih gagasan tersebut diciptakan oleh putra asli daerah yang notabene tahu karakteristik daerahnya.

“Saya mendukung sekali kegiatan ini, apalagi di zaman ini tidak terlepas dari yang namanya digitalisasi, apalagi dimasa pandemi ini yang tidak terkena imbasnya cuman ekonomi digital. Saya menyambut baik, ini suatu inovasi dari temen-temen penyuluh. Semoga ini menjadi cikal bakal kampung ekonomi digital di kecamatan-kecamatan lain,” tambahnya. (Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News