Beranda Pemerintahan Cakupan Vaksinasi di Kabupaten Serang Meningkat, Wabup: Desember Capai Target

Cakupan Vaksinasi di Kabupaten Serang Meningkat, Wabup: Desember Capai Target

Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang di Aula Dinkes pada Senin (13/9/2021). Foto: Dok. Diskominfosatik Kabupaten Serang

KAB. SERANG – Percepatan vaksinasi Covid-19 untuk warga yang memiliki KTP Kabupaten Serang meningkat dari sebelumnya. Hingga saat ini tercatat sekitar 44 persen sudah divaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi mengatakan data tersebut berdasarkan data yang tercatat melalui satu data Peduli Lindungi dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

“Kalau kita melihat satu data peduli lindungi dan KPCPEN bahwa untuk seluruh warga masyarakat yang ber-KTP Kabupaten Serang sudah 44 persen lebih untuk dosis pertama, sedangkan untuk dosis kedua masih dibawah 20 persen,” ujar Agus usai Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang di Aula Dinkes pada Senin (13/9/2021).

Agus menjelaskan terdapat perbedaan antara data manual dengan KPCPEN, hal ini dikarenakan data manual adalah hasil kegiatan yang dilakukan Pemkab Serang melalui Dinkes.

“Nah kalau dari KPCPEN itu adalah seluruh kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemda, maupun TNI dan Polri yang sasarannya warga masyarakat yang ber-KTP Kabupaten Serang. Sehingga memang dapat di lihat seluruh capaian kegiatan berdasarkan data NIK atau KTP,” tandas Agus.

Berdasarkan data KPCPEN per 12 September 2021, sebanyak 497.288 warga ber-KTP Kabupaten Serang telah divaksinasi. Sementara Pemkab Serang memiliki jumlah target sasaran sebanyak 1.259.754 orang.

Terkait Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19, sesuai intruksi Bupati dan Wakil Bupati Serang dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Serang, pihak Dinkes dapat berkolaborasi dengan OPD-OPD terkait.

“Mudah-mudahan untuk sasaran dengan jumlah 1,2 juta lebih bisa kita selesaikan selambatnya sebelum Desember 2021, sesuai arahan Presiden untuk percepatan vaksinasi di Kabupaten dan Kota. Jadi ada kegiatan bersifat massal unsur OPD terkait dapat membantu secara penuh kegiatan tersebut, jadi kami lebih fokus pada pelayanan kesehatan itu sendiri. Sehingga para camat, kami Dinkes dan Bappeda bisa melakukan perencanaan kita selanjutnya,” ucap Agus.

Hadir pada rapat tersebut, Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa, Asisten Daerah (Asda) I, Nanang Supriatna, Asda III, Ida Nuraida, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Rachmat Maulana, para kepala OPD (organisasi perangkat daerah) terkait, Camat dari 29 kecamatan, para kepala puskesmas, dan unsur perwakilan Forkopimda.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa mengatakan, rapat koordinasi diadakan untuk mengevaluasi bagaimana kinerja yang sudah dilaksanakan untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 baik secara reguler di masing-masing Puskesmas dan yang dilaksanakan melalui gebyar vaksinasi atau vaksinasi massal.

“Harapan kami sebelum akhir Desember 2021 sasaran target 1,2 juta lebih bisa tercapai. Terlihat, masyarakat sekarang bahkan sudah sangat antusias, dan kemudian untuk dosis vaksin kita tidak kekurangan,” kata Pandji.

(Nin/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News